Laman

Selasa, 13 Maret 2012

(Contoh Latihan 4.2) diffusion problem



Pada pembahasan selanjutnya tentang metode volume hingga untuk permasalahan diffusi. Pada contoh 4.2 ini kita akan melihat distribusi temperatur untuk sebuah plat lebar dengan ketebalan panjang 2 cm untuk sumbu x sedangkan untuk sumbu y dan z diasumsikan sangat besar sehingga gradien temperatur yang signifikan terjadi pada arah sumbu x. Untuk thermal conductivity kita tetapkan sebesar 0.5 W/m/K dan penyebaran flux panas 1000kW/m3. Temperatur pada A dan B adalah 373 K dan 473 K. untuk kondisi seperti ini kita akan melihat bagaimana hasil plot grafik temperatur dalam grafik hubungan jarak vs temperatur.

Langkah-langkahnya sama seperti pada contoh 4.1, hanya pada percobaan kali ini kita akan menambah jumlah lebih banyak dari percobaan sebelumnya, kita tetapkan jumlah sell 20









Dari hasil diatas dapat kita lihat bahwa grafik yang terbentuk lebih mulus, itu artinya deviasi yang terjadi semakin kecil. Grafik tersebut berupa grafik exponensial yang memperlihatkan keadaan temperatur tertinggi adalah pada daerah diantara titiak A dan B dengan hubungan tidak lagi linear karena faktor dari ukuran plat yang jauh lebih besar pada arah sumbu y dan z, dan juga nilai thermal konductivity yang sangat kecil pada material tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar