Laman

Selasa, 06 Maret 2012

Kelebihan Aplikasi CFD

Kenapa sih kita harus menggunakan CFD? dan apa kelebihan simulasi CFD ini dalam penerapan masalah-masalah yang berhubungan dengan mekanika fluida?, padahal sebelum adanya CFD banyak alat-alat yang dibuat tanpa harus melakukan modelling. Mungkin banyak pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang terluntar dari orang awam. Sementara dalam perkembangan jaman seperti sekarang ini banyak kita jumpai alat, produk yang jauh lebih efisien, sederhana, ringan, canggih, murah, dsb. Hal inilah sebenernya yang menjadi jawaban mengapa CFD itu penting. Kelebihan-kelebihan CFD diantaranya :

a. Pengetahuan mendalam
Disaat produk yang ingin kita buat sulit untuk di buat prototipe ataupun diadakan riset yang mendalam, misalnya dikarenakan mahalnya membuat prototipe ataupun riset, maka menggunakan analisa CFD merupakan hal yang tepat. Artinya, dalam dunia industri hal ini sangat berguna ketika kita akan membuat sebuah produk. Dengan analisa CFD kita akan mudah mengetahui dan melihat data-data yang dibutuhkan untuk membuat produk yang efisien, parameter-parameter yang berpengaruh dan fenomena-fenomena fisika yang terjadi bahkan bisa dibilang jauh lebih mendalam dibandingkan dengan prototipe.

b. Pengambilan keputusan
Karena analiasa CFD merupakan tools untuk memprediksi parameter-parameter yang ada dengan kondisi tertentu, maka analisa CFD bisa menjawab pertanyaan “WHAT IF” dengan sangat cepat. Dengan simulasi CFD kita dapat mengubah parameter yang ada melihat hasilnya, mengubahnya lagi hingga didapat kondisi yang diinginkan sebelum dibuatnya protipe fisik. Jadi, dalam waktu yang sama kita dapat melalukan test dari model CFD yang kita buat, melihat hasilnya, dan mengubah variabel-variabel yang ada hingga didapatkan hasil yang optimal, dalam waktu yang singkat, dengan biaya yang murah dan bahkan membuat produk kita sesuai dengan code dan standard yang ada terutama safety.

c. Efisiensi
Design dan analisis yang baik dalam aplikasi industri adalah design yang memberikan design cycle yang singkat, biaya yang murah, waktu yang singkat sampai ke tangan client atau market, pengembangan produk dilakukan dengan instalasi dalam waktu singkat dan minimum downtime. CFD adalah tools untuk mempersingkat siklus design dan pengembangan dari suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar