Laman

Kamis, 17 Mei 2012

Bernouli principle

Hukum bernoulli merupakan dasar dalam perhitungan aliran fluida yang melibatkan inlet, outlet, control volume pada kondisi steady state.

Persamaan bernoulli ini didapat dari penurunan hukum newton II yang menyatakan bahwa besarnya total gaya yang bekerja merupakan hubungan massa dikali percepatannya. Dimana gaya-gaya tersebut adalah gaya tekanan yang bekerja pada benda itu sendiri (fluida) dan juga gaya gravitasi.

Sehingga didapatkan persamaan bernouli yaitu jumlah dari tekanan statik (P), tekanan dinamik 1/2 rho v^2, dan tekanan hidrostatik rho g h adalah konstan.


Static pressure (P), tekanan thermodynamic aktual pada fluida yang mengalir, merupakan tekanan yang statik relatif terhadap aliran fluida. besarnya bisa kita ukur menggunakan piezometer tube.

Hydrostatic pressure, tekanan yang bekerja pada fluida sebagai energi potensial yang besarnya yang dipengaruhi oleh ketinggian, massa jenis dan gravitasinya.

Dynamic pressure, tekanan yang bekerja pada aliran fluida yang dipengaruhi oleh faktor kecepatan dan massa jenisnya, identik sebagai energi kinetik aliran. Dynamic pressure dapat diukur menggunakan pitot tube.

Stagnation pont, titik dimana tekanan stationary terjadi pada fluida yang mengalir. Terjadi ketika v2=0, sehingga bila kita menganggap ketinggian aliran adalah sama maka P2 = P1 + 1/2 rho v^2. P2 adalah titik stationary. P2 lebih besar dari P1 karena adanya faktor tekanan dynamik.


Pitot tube, alat yang digunakan untuk mengukur tekanan dan kecepatan fluida yang mengalir. Pitot tube mengasumsikan bahwa ketinggian fluida diabaikan sehingga hubungan antara stagnation, static dan dynamic pressure adalah P3 = P + 1/2 rho v^2 dimana P3 adalah stagnation point.


Persamaan lain yang equivalent dengan persamaan bernoulli adalah head equation, diperoleh dengan membagi setiap komponen persamaan bernoulli dengan berat spesifiknya ( rho g).

sehingga didapatkan P/rho g adalah head pressure, tekanan yang diperlukan untuk mengalirkan fluida pada ketinggian tertentu

V^2/2g adalah velocity head, ketinggian yang diperlukan untuk mengalirkan fluida dari kondisi diam.

Elevation head (z), berhubungan dengan energi potensial suatu partikel fluida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar