Laman

Kamis, 17 Mei 2012

viscosity

Viskosity atau kekentalan adalah karakteristik yang dimiliki oleh semua jenis fluida. Air, udara, minyak, oli, dll memiliki viskositas yang berbeda-beda, semakin besar viskositasnya maka fluida makin kental dan gaya antar partikel dalam fluida makin erat satu sama lain sehingga susah untuk dipisahkan.

Viskositas berhubungan juga dengan tegangan geser, kita misalkan fluida yang terletak diantara 2 pelat sejajar dengan pelat bagian bawah diam dan pelat bagian atas kita tarik dengan kecepatan tertentu, maka akan kita dapatkan profil gerakan fluida yang bergerak mengikuti arah gerak pelat dari bawah dalam kondisi diam membesar sampai ke dinding bagian atas, membentuk suatu hubungan linear. Sehingga kita dapatkan hubungan antara tegangan geser adalah viskositas dinamik dengan perubahan kecepatan pada jarak y.

Fluida yang memiliki hubungan linear inilah yang disebut fluida newtonian contohnya air, minyak dll, sedangkan fluida yang hubungan antara perubahan kecepatan terhadap sumbu y tidak linear adalah fluida non newtonian.

Viskositas ada dua macam yaitu :
  • viskositas dinamik
  • viskositas kinematic



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar